D’Jelangkung

Author : Park Jihoon

Genre : Horor, Komedi plus Geje (?)

Lenght : OneShot

Cast : All SHINee (Onew, Key, Taemin, Jonghyun dan Minho)

“Huuffftt…, kota Seoul benar-benar panas membara. Seperti neraka saja.” Onew mengempaskan tubuhnya di atas sofa.

Sehabis latihan drama musikal, Onew langsung pulang ke asrama karena tidak ada lagi jadwal yang harus di tunaikannya. Sedangkan para member SHINee yang lainnya sejak dari tadi pagi nungguin asramanya takut kena gusur satpol PP. Maklum belakangan ini penggusuran oleh satpol PP merajalela (ini di korea apa di Indonesia?).

Jonghyun, sejak bangun tidur sampai berita ini diturunkan (?) masih ngulet-ngulet di tempat tidurnya hampir menyerupai ulat bulu. Dia masih tertekan karena akibat ulah skandalnya dengan Sekyung diketahui orang sekampung. Bahkan para blinger mengancam akan memboikot setiap acaranya jika mereka tidak diberi uang dan sembako.

Minho, menghabiskan pagi dengan bersemayam di sarangnya, tempat tidur. Bahkan dia dengan sukses berhasil menggambar pulau Jaeju di atas bantalnya dengan menggunakan ilernya yang menggemaskan. Setelah bangun dia langsung bersemangat untuk olahraga (baca:lari pagi), tanpa cuci muka, tanpa gosok gigi bahkan tanpa celana (baca : calana panjang >>> takutnya reader salah sangka). Namun ketika membuka pintu, ternyata matahari telah memolototinnya dengan garang dan segorombolan burung yang bertengger di depan asrama begitu riuh bergosip ria. Ciut ciiitt  cicicitttcicucicutccit….cicicicictttt (artinya : ada yang mau lari pagi tapi kesiangan…. kasihan dech lo). Akhirnya Minho membatalkan lari paginya dan melanjutkan latihan menggambar pulau Jaeju di atas sofa.

Taemin, member yang paling muda ini banyak digemari kaum hawa karena wajahnya yang imut-imut –padahal masih imutan author. **huuuu…. author diteriakin seluruh penghuni wp** Hobinya makan eskrim hingga blepotan kemana-mana. Sepagi ini dia telah menghabiskan eskrim satu lemari es dua pintu. Untung lemari esnya nggak ikut di emut.

Key, member yang satu ini memang member yang paling rajin, tidak sombong, baik hati dan tidak suka menabung (sukanya belanja sih). Pagi ini, setelah bangun dia langsung bersih-bersih asrama mulai dari nyapu, nyuci piring, ngepel, nguras bak mandi dan nyabutin rumput yang bergoyang. ***ini member SHINee apa pembokat ya?*** Pantaslah kalau Key dipanggil umma sama member yang lainnya. Setelah selesai beres-beres dia langsung menuju dapur dan masak. **kayaknya bener-bener pembokat >>> author dirajam lockets**

“Hyung…, mau eskrim? Kalo panas-panas gini enaknya makan eskrim loh?” Taemin menghampiri Onew dengan membawa semangkok eskrim. Mulutnya masih dipenuhi dengan eskrim.

“Gumawo min-ah,” ujar Onew. “Min-ah, kalo kamu makan eskrim harus sampe blepotan gitu?” Onew menunju-nunjuk ke arah mulut taemin yang blepotan.

“Ne Hyung, itulah seninya makan eskrim.” Taemin nyengir kuda memamerkan giginya yang dipenuhi lapisan eskrim.

“Minho-ah, sampai kapan kamu mau menggambar pulau Jaeju?” Onew menarik kaki minho hingga menggelosor ke lantai. Dan BUK…

“Aaaaa…., Hyung mengganggu aja. Aku lagi mimpi enak nih.” Ssrruuutttt… minho berhasil menyelamatkan ilernya yang hampir menetes. Dan kembali ke atas sofa dengan nyawanya yang belum lengkap.

“Oh ya, Key dan Jjong kemana?” tanya Onew.

“Key-hyung tadi aku lihat di dapur,mungkin sedang masak. Maklumlah bakat pembokatnya lagi menggebu-gebu kalo nggak disalurkan ntar malah ngomel-ngomel mulu. Kalo si Jjong-hyung hampir jadi kepompong tuh di kamarnya. Kayaknya dia semakin tertekan setelah digrebek sama pak RT kemaren.” Jawab taemin.

“MAKANAN TELAH SIAP…!!!” Key berteriak dari dapur.

“Taemin-ah, cepat kau bangunin si Jjong!” pinta Onew Pada Taemin.

Beberapa saat kemudian mereka telah berkumpul di meja makan.

These is it…. menu makan siang ala Cheif Key-SHINee…” kata Key menirukan gaya Faraquin.

Tanpa banyak cincong dan bacong lagi mereka menyantap makan siangnya. Semuanya terlihat makan dengan penuh nafsu seperti orang nggak makan tujuh hari tujuh malam kecuali si Jjong. Dia masih teringat kenangan buruknya digrebek pak RT saat berduaan dengan sekyung.

“Jjong…, makanannya nggak enak ya?” tanya Key dengan mengeluarkan tatapan lucifernya.

“Eeehhh…., enak kok.” Jawab Jjong ketakutan. Tidak ada satupun member SHINee yang berani bilang tidak enak pada masakan Key, karena jika itu terjadi maka jurus “amukan wedhus gembel” Key akan keluar.

“Oh ya, ntar malem malem jumat kan? Dan kita juga enggak ada kagiatan kan?” tanya Onew.

“Ne.. Hyung.” Jawab  Minho diikuti anggukan kepala yang lainnya.

“Gimana kalo kita main jelangkung?”

“APA… MAININ SEKYUNG? ANDWAEEEE…” teriak Jjong dengan nada setinggi-tingginya membuat yang lainnya kaget dan jantungan. pendengaran Jjong sedikit terganggu, itu adalah tanda-tanda terserang virus cinta.

PLETAK…, Centong nasi melayang dari tangan Key ke wajah Jjong.

“Aigoo…, bukan Sekyung tapi Jelangkung,” Ujar key. “Makanya otak tuh jangan diisi Sekyung melulu.” Jjong hanya cengengesan mendengar penjelasan Key.

“Jelangkung? Apanya eyang kakung?” tanya Taemin.

“Jelangkung itu sodaraan sama eyang kakung dan sepupuan sama kangkung,” jawab Minho sotoy.

Taemin manggut-manggut dah kayak orang ngerti aja.

PLETAAAKKK…, tangan Onew mendarat di kepala minho membuat minho meringis menahan sakit dan derita.

“Sotoy…, Jelangkung itu permainan yang melibatkan mahluk halus dengan menggunakan media semacam boneka dan berasal dari Indonesia.” Onew meralat jawaban Minho yang sangat amat ngaur sekali.

“Omo… mahluk halus,” ujar Jonghyun lirih.

Tiba-tiba Jonghyun dan Key mengarahkan pandangannya ke atas.

Jjong+Key : thor…, boleh nggak kita nggak ikutan?

Author : Emang kenapa?

Key : Entar pasti ada pocongnya sama kuntilanaknya kan? Aku sama Jjong dah sering ketemu gituan di fanfic-fanfic yang tidak bertanggung jawab. Kita nggak mau sengsara dan menderita lagi. Sudah cukup kita terkencing-kencing di celana, menjerit hingga mirip kuda binal, pingsan berulang-ulang dan lari terbirit-birit mirip bencong dikejar satpol PP.

Author : Kalian trauma ya?

Jjong : Bukan trauma lagi…

Author : Tenang aja disini kalian nggak akan bertemu pocong maupun kuntilanak kok. Author jamin pake KTP. Tapi lain kali maukan ketemu sama pocong dan kuntilnak lagi

JjongKey : Author sarap…!!!

Back to cerita…

“Wah… kayaknya seru nih,” Ujar minho. “Aku ikutan hyung.”

“Taemin-ah kamu ikut kan?” tanya Onew

Taemin hanya mengankat jempolnya, tanda setuju. Karena mulutnya masih dipenuhi makanan.

“Jjong, Key…?” Onew mungalihkan pandangan pada JongKey.

“Ya dech, kita ikutan coz authornya yang sarap itu sudah janji nggak akan munculin pocong dan kuntilanak.” Key mengiyakan. Jjong pun setuju.

“Siiipp… kalian memang member yang tidak pernah mengecewakan.” Onew terlihat senang dengan jawaban membernya.

“Tempatnya dimana hyung? bukannya kalo main jelangkung itu harus di tempat yang menyeramkan?” tanya Minho.

“Di asarama ini aja. Bukannya Asrama ini terlihat menyeramkan?” jawab Onew. Dan yang lainnya langsung menyetujuinnya sebelum Onew berubah pikiran.

“Terus…, Taemin-ah kamu yang bikin jelangkungnya ya!” Pinta Onew.

“Mo… aku kan nggak tahu jelangkung. Minho-hyung aja… dia kan akrab dengan jelangkung dan sodara-sodaranya.” Taemin sedikit keberatan.

Onew mengarahkan pandangannya pada Minho. Minho dengan mata genitnya memberikan tanda penolakan pada Onew. Kemudian Onew melihat kearah Key, namun sayang tatapan lucifer key membuat Onew mengkerut. Jjong…?? mukanya sudah penuh derita, makanya Onew enggak tega melihat membernya yang satu ini.

“Taemin-ah, kamu ingat peraturan SHINee nomer tiga? Keputusan Leader tidak bisa diganggu gugat.” Ujar Onew.

“Tapi…,”

“Enggak ada tapi, kalo kamu belum tahu Jelangkung kan bisa cari refrensi dari internet. Cari aja di mbah google.” Kata Onew sebelum Taemin sempat mengajukan alasannya.

“Baiklah hyung…,” akhirnya taemin pun menyerah.

Kemudian mereka melanjutkan acara makan siangnya sebelum Key mengamuk dan mengeluarkan jurus ‘wedhus gembelnya’ karena makan sambil ngobrol. Sebuah permaian yang memerlukan nyali yang sangat besar telah ditetapkan oleh para member SHINee padahal mereka tidak tahu permainan apa sebenarnya yang telah menanti mereka.

***

Taemin POV

Aish.. onew hyung memang selalu pilih kasih. Kalo masalah kayak ginian aja, pasti aku yang kena. Coba kalo acara makan-makan maupun minum-minum, pasti aku yang dihubunginnya paling akhir. Alasannya klasik, umurku yang selalu dijadikan alasan. “Teamin-ah kamu kan masih dibawah umur,” itulah salah satu senjatanya. Aku sempat berpikir, apa mungkin Onew-Hyung mau balas dendam karena kekalahannya pada polling yang dulu. Saat kita bikin polling ‘siapa diantar member SHINee yang paling cute?’ dan akulah sebagai  pemenangnya dan yang paling bontot nilainya adalah Onew-Hyung. Akhirnya Jadilah Onew-hyung sebagai pembokat kami selama satu minggu. Masa-masa yang menyenangkan.

Sesuai dengan instruksi Onew-Hyung, akhirnya aku datang ke mbah google. Meskipun awalnya hatiku masih dongkol pada Onew-hyung. Tapi anehnya aku nggak bisa dongkol sama Onew hyung lama-lama, mungkin dia pake pelet pengasih. Ah.., ntar aku tanya sama Ki Joko Pabo ah…( berhubung di korea jadinya Ki Joko Pabo, bukan Ki Joko Bodo).

Setelah aku memasukkan kata ‘jelangkung’ ternyata muncul berbagai banyak pilihan. Aku bingung, aku kan nggak ngerti bahasanya. Akhirnya aku putuskan untuk melihat gambarnya saja, mengambil gambar foto yang paling menyeramkan.

Melihat foto-fotonya malah membuatku semakin bingung, bukan karena jelangkungnya. Tapi bahan-bahan untuk membuatnya, karena yang aku lihat tadi di internet jelangkung itu menggunakan batok kelapa. Sedangkan disini, di asrama SHINee, mana ada barang kayak gituan.

Tapi, akhirnya aku menemukan barang yang bisa aku gunakan untuk membuat jelangkung. Sedikit inovasi disana-sini pasti lebih bagus. Di tempat cucian kan banyak barang-barang yang bisa dipakai ulang. Yah sekalian menyelamatkan bumi dari pencemaran, sekarangkan banyak yang go green untuk mengurangi pemanasan global.

Tanpa menunda-nunda lagi aku pun langsung membuat jelangkung. Dan permainannya akan segera dimulai

***

Sekitar jam 23.30 waktu setempat, sesuai dengan waktu yang telah disepakati, para member SHINee telah berkumpul di ruang tengah asrama. Semua lampu telah dimatikan untuk menciptakan suasana semakin angker dan hanya sebatang lilin di atas meja yang masih dibiarkan menyala.

Kemudian Onew membawa lilin tersebut dan meletakkannya di lantai. “Oke, semuanya duduk mengelilingi lilin ini,” pinta Onew sambil membenarkan posisi lilin.

Semuanya langsung duduk melingkar mengelilingi lilin yang berada di tengah-tengah. Wajah Onew dan Minho begitu antusias menunggu permainan ini. Sedangkan wajah Jjong dan Key masih menyiratkan sebuah ketidak percayaan pada author, JongKey was-was akan adanya kemunculan si ponci (pocong) dan si Kunti (kuntilanak). Sedangkan Taemin tak menunjukkan ekspresi apapun, dia malah sedang asik ngemut eskrim yang terakhir untuk hari ini.

“Ohya… ini mantra jelangkungnya.” Onew menyerahkan sepotong kertas yang tertuliskan sebuah mantra. “Entar kalian ikutin aku aja ya! Oh ya… Taemin-ah mana jelangkung nya?”

“Hehehe… maaf hyung ketinggalan di sana. Entar aku ambil dulu ya.”

Kemudian taemin beranjak dari tempat duduknya untuk mengambil hasil karyanya. Taemin begitu antusias dan telah siap menerima pujian dari para hyungnya karena hasil karyanya yang terlihat begitu menyeramkan. “Pasti hyung akan memujiku atas karya yang luar biasa ini,” gumam Taemin saat memegang hasil karyanya.

JRENGGG…. JRENGGG….JRENGGG… ***suara instrumen dari dunia gaib***

These is it…, jelangkung tumis kangkung ala cheif Taemin-SHINee.” Ujar Taemin menirukan gaya Faraquin, lebih tepatnya meniru gaya umma Key.

Semuanya langsung terpesona melihat jelangkung hasil karya Taemin. Onew melihatnya tanpa berkedip sedikitpun. Jjong yang dari awalnya bermuka masam tiba-tiba aura positifnya bertaburan, membuat wajahnya berbling-bling ria. Key mengalami hal yang sama, tiba-tiba bakat pembokatnya langsung mengebu-gebu ingin secepatnya disalurkan. Sedangkan wajah Minho yang sudah kusut berubah tambah kusut.

Mereka semuanya tertuju pada tulisan yang berada di kain yang berbentuk segitiga di tubuh jelangkung. Onew medekatkan boneka jelangkung tersebut ke arah lilin untuk memastikan tulisannya. JjongKey juga mendekatkan pandangannya pada boneka jelangkung tersebut tidak ingin ketinggalan, keculi minho. Setelah benar-benar telihat dengan jelas, tulisan itu C H O I – M I N H O.

WAKAKAKAKAKAKAKAKAKA…, semuanya tertawa terguling-guling bahkan Onew sampe menungging-nungging segala. Jjong bahkan bisa melupakan masalah mengenai penggerebekan dirinya. Key langsung lari ke dapur dan langsung menyalurkan bakat pembokatnya, karena sudah tidak bisa ditahan lagi.

Taemin tidak menyangka reaksi yang begitu heboh dari hyung-hyungnya, padahal dia hanya menggunakan bahan daur ulang. Dia menggunakan kain-kain yang tidak dipakai kemudian dikumpulkan dan dibuat bulat dengan kain yang lebih lebar. Kepalanya itu kemudian disambungkan dengan sebuah spidol hitam. Sedangkan badan dari jailangkung itu menggunakan kain yang berbentuk segitiga (Baca : CD alias Celana Dalam).

PLETAAAKKKK…., tangan minho mendarat di kepala Taemin.

“Taemin-ah, kenapa kamu menggunakan CDku?”

“Lah, aku kirain sudah enggak dipake lagi sama minho-hyung. Sayang kan kalau tidak dimanfaatkan. Soalnya aku nyari kain yang nggak kepake, nggak ada.” Jawab taemin sambil mengelus-ngelus kepalanya.

“Mana jelangkunya onew-hyung, aku ganti dengan kain yang lain!”

“Pake ini juga nggak apa-apa, kita dah enggak ada waktu lagi.” Ujar Onew sambil menahan tawanya.

“Tapi hyung…,”

“Ingat peraturan SHINee nomer tiga, Keputusan leader nggak bisa diganggu gugat.” Kata Taemin tersenyum penuh kemenangan mutlak. Minho menyerah dan menerima dengan hati yang tidak ikhlas.

“Gimana hyung kalo hantunya ntar menyukai aromanya…, pasti dia bakalan menghantuiku untuk selamanya.” Minho menggerutu nggak jelas.

“Oke semuanya kembali ke posisinya masing-masing, kita akan mulai permainannya.” Kata Onew.

Dalam waktu singkat mereka telah kembali ke posisinya masing-masing. Tangan kiri mereka megang kertas yang berisi mantera sedangkan tangan kanan mereka memegangi badan teman yang ada di sampingnya, kecuali Onew yang memegang jelangkung. Di bawah jelangkung telah disiapkan papan putih.

“Semuanya dah siap? Jika ada reaksi jangan ada satupun dari tangan kalian yang melepaskan pegangannya. Jika tidak makan hantu tersebut tidak akan bisa kembali ke alamnya dan akan menghantui kita untuk selamanya.” Onew mengingatkan.

“Ya… kami siap Hyung?” jawab mereka bersamaan.

Meskipun ada sedikit kekhawatiran yang tertangkap di wajah mereka, namun mereka tetap melanjutkan permainanya. Dan dengan kompak mereka melafalkan manteranya.

“ Jelangkung jelangkung disini ada pesta kecil-kecilan, datang tak dijemput, pulang tak diantar.”

Tidak ada reaksi, jelangkung masih diam.

“ Jelangkung jelangkung disini ada pesta kecil-kecilan, datang tak dijemput, pulang tak diantar.”

“ Jelangkung jelangkung disini ada pesta kecil-kecilan, datang tak dijemput, pulang tak diantar.”

“ Jelangkung jelangkung disini ada pesta kecil-kecilan, datang tak dijemput, pulang tak diantar.”

Tiba-tiba jelangkung mulai bergerak. Onew merasakan adanya kehadiran arwah yang menempati boneka yang dipegangnya itu. Sedangkan tangan-tangan yang lainnya merasakan adanya sebuah hawa hangat yang mengaliri tubuhnya.

“Oke aku akan memulainya,” ujar Onew. “Nama kamu siapa?”

Jelangkung itu menuliskan sesuatu… H….O…..E….K….S….

Taemin, Jjong, Key, Minho dan Onew saling melemparkan pandangan satu sama lain. Tidak mengerti apa yang dimaksud si jelangkung.

“Nama anda H O E K S,” onew melafalkan dengan perlahan.

Jelangkung itu menulis kembali, H….O…..E….K….S….

Onew dan teman-temannya semakin bingung. “Maksud anda….?”

Kemudian si Jelangkung menulis dengan cepat membuat Onew kewalahan. Tenaga Onew benar-benar terkuras dan mengeluarkan banyak keringat. Beberapa saat kemudian si Jelangkung itu berhenti bergerak. Onew tidak lagi merasakan kehadiran si mahluk halus itu. Kemudian Onew membaca apa yang tertulis di papan.

Dasar bodoh…, kalian menggunakan media apa ini baunya busuk buangggeeetttt membuatku muntah-muntah. Untuk kali ini kalian aku maafkan tapi jika kalian mengulangi seperti hal ini lagi, kalian akan aku bunuh. Sampai jumpa… HOEKS”

WAKAKAKAKAKAKA…, mereka kembali tertawa sampe terjungkal-jungkal menyadari apa yang simaksud si hantu.

“Hahaha… Choi Minho, CD mu ternyata busuk banget. Hantu saja dibuatnya muntah-muntah.” Ujar Onew diikuti dengan tawa yang lainnya.

“Minho-Hyung…. keren Hantu aja sampe muntah-muntah nggak ketulungan.” Kata taemin sambil memegangi perutnya.

Sedagkan JjongKey masih terguling-guling, sampai tulisan ini berakhir (?) mereka masih juga terguling-guling. Tinggal ditusuk aja trus dibakar, jadilah JjongKey guling.

“Mimpi apa aku semalam sampe teraniaya begini…, dasar hantu sialan pake acara muntah segala.” Wajah Minho semakin kusut.

END.

So… jangan lupa komen… bukan Komeng ya apa lagi ditambah Adul.

33 responses to “D’Jelangkung

  1. Aduh ini beneran ngakak/?
    Minho di bully. Wkwk
    Dohhh kangen baca fanfics ginian😦
    Ini buka” archive lamanya kakak, eh nemu ini.
    Dohh hweee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s