[Non FF] Di Balik “Layar” UFOz Village SHINee

Mian belum bisa publish FF terbaru (Sekarang lagi buat FF dengan Cast SUJU, Judul… Rahasia). Aku malah buat yang kayak ginian, hehehehe. *Reader : Thor cepat selesaikan FFnya >>> bawa parang; Jihoon : iya habis bikin ini ya…hehehehe)

Tulisan ini aku buat hanya untuk menyampaikan rasa terimakasih ku buat para reader (juga sider) yang telah membaca FF UFOz Village SHINee dan kemudian ikut tersenyum lebar, selebar kawah merapi. Aku senang saat membaca komen-komen kalian yang mengatakan kalau kalian tersenyum hingga ngakak sampek jumpalitan saat membaca FF tiap versi. Dan buat reader yang telah ngasih saran, KAMU LAH READER YANG AKU SUKAI.

Sebenarnya aku ingin menceritakan kejadian di balik ‘layar’ penulisan FF UFOz Village (SHINee Vers.) Tapi sebelumnya aku ingin memberitahukan pada kalian hasil dari FF UFOz Village tersebut. Seperti yang kalian lihat piku diatas, di WPku (Fanficzoo) UFOz Village (Onew Vers.) yang lebih disukai, 26.14%. Sedangkan di FFindo UFOz Village (Jonghyun Vers.) yang lebih disukai, 23.04%. Perhitungan itu aku peroleh dari jumlah ‘Like’, ‘Comment’, dan ‘Viewer’ dikalikan masing-masing 5, 3, dan 1 sehingga diperoleh poin untuk masing-masing Versi. Total (Fanficzoo+FFindo) untuk Viewer sampai tanggal 26 Januari 2011 yaitu 4.193 orang, 855 komen (reader+balesan dari author) dan 58 Like.

Oke saatnya aku menceritakan di balik ‘layar’ FF Village SHINee Vers. (Berasa kayak film yang terkenal se-kampung).

Seperti yang kalian tahu bahwa FF ini terinspirasi dari UFO Town para Idol korea. UFO Town itu sejenis jejaring sosial antara fans dan Idol, dan asyiknya disini karena sang Idol sendiri yang bakalan ngasih jawabannya. Aku tahu keberadaan UFO Town itu dari blog tetangga. Aku suka sekali baca balasan yang ditulis para idol tersebut karena jawabannya banyak yang ngaco dan lucu-lucu. Namun saat itu aku belum terpikir untuk membuat FF dengan ide seperti itu, hingga suatu saat otakku mulai somplak karena kebanyakan bikin FF komedi, akhirnya ide itu muncul di kepalaku.

FF UFOz Village pertama yang aku buat yaitu versi Taemin. Entahlah aku juga bingung jika ditanya, kenapa milih Taemin? Tapi saat itu yang ada di otakku hanya si Taemin yang polos banget itu. Bentuknya masih drabble, sehingga masih simpel. Aku memilih setting di dorm SHINee pagi hari, ide ini juga muncul karena inti dari FF yang ingin aku buat yaitu tentang “iler” >>> ternyata yang tukang iler itu authornya. Selain itu juga aku memilih eskrim magnum sebagai teman Taemin, karena saat membayangkan wajah yang begitu polos itu, hanya eskrim yang muncul di otakku. Setelah selesai dan aku posting, ternyata banyak yang menyukai. Aku senang banget… bahkan langsung terlintas di otakku untuk melanjutkan dengan member yang lainnya.

Reader di FF UFOz Village versi Taemin banyak yang minta untu dilanjutkan, semangatku benar-benar seperti pejuang jaman Belanda. Begitu menggebu-gebu sehingga semua ide begitu lancar mengalir hingga membuatku susah untuk memejamkan mata. Tanggal 4/1/2011 FF UFOz Village versi Jjong publish. Inti ceritanya aku memakai konflik yang beda dari FF sebelumnya. Berhubung Jjong punya pacar, akhirnya aku gunakan pacarnya untuk mengintimidasi Jjong. Saat menulis FF ini yang terintas di benakku yaitu lagunya SULE, bola salju dan SUSIS. Selain itu, aku juga teringat pada bu RT di sitkom suami-suami takut istri, dan jadilah Sekyung seperti bu RT. Dan di FF ini aku mulai minta bantuan reader untuk membuatkan pertanyaan untuk aku muat di FF berikutnya, dan ternyata responnya sangat luar biasa.

Semangatku semakin menggebu-gebu, seperti cacing kepanasan. Jadi semakin susah untuk tidur. Bahkan saat reader tanya… kapan versi Key aku akan keluar? Dan dengan pedenya aku menjawab hari jumat tanggal 7/1/2011. Semangat yang menggebu-gebu membuat ku lupa dengan keadaan otak yang terlanjur somplak. Setelah pertanyaan dari reader aku kumpulkan, baru ketahuan masalahnya… rasanya otakku mau overload. Pertanyaan yang begitu banyak membuatku harus menyortir beberapa pertanyaan yang sama. Mengumpulkan pertanyaan plus merekapnya aja membutuhkan waktu satu malam, hiks.

Setelah pertanyaan selesai, tinggal alur ceritanya yang belum… akhirnya aku kembali membaca fakta-fakta tentang key. Dari fakta yang aku baca, ternyata semua member lebih takut pada Key dibandingkan dengan sang leader, Onew. Selain itu Key yang suka suka masak, jadi otakku berpikir bagaimana kalo kompornya rusak. Pasti Key bakalan bete abis. Akhirnya diputuskan kalo Key harus marah2 mulai dari awal hingga akhir karena sebuah kompor dan yang menjadi korbannya itu keempat member lainnya.

Aku mulai menulis FF yang versi Key dari sore hingga jam dua malem. Berhubung telah janji… maka aku harus menyelesaikannya, janji adalah hutang. Namun kemudian muncul lagi masalah, aku harus menyesuaikan jawaban yang harus diberikan oleh Key dengan alur cerita. Jangan sampek Key-nya marah-marah namun jawabannya malah terlihat Key-lagi happy. Alhasil setelah FFnya jadi, aku langsung tepar dan bangun kesiangan keesokan harinya. Seharian mataku rasanya perih… seperti ada ganjelannya >>> *begadang jangan begadag~~~ kalau tiada artinya…Bang Oma ModeOn*. Tapi semunya terasa terbalas ketika banyak yang menyukai FFku…hehehe. Rasanya tidak sia-sia aku begadang.

Dan setelah itu, aku tidak mau untuk menjanjikan sebuah tanggal lagi. Kapok berat. Selain itu aku juga ada acara keluar kota, sehingga FF versi Onew agak lama terbitnya. Kalo di FF ini yang menjadi kendala yaitu pertanyaan dari readernya terlalu banyak… pertanyaannya aja sampek 6 lembar (sebelum disortir) itu pun belum ada jawabannya. Jadi mumet lagi memikirkan alur ceritanya…

Untunglah aku sempat berpikir, bagaimana jika seorang leader tidak lagi dihargain??? Apa yang akan dilakukan Onew. Akhirnya muncul balas dendam lewat UFOz Village dari tempat persembunyian. Dan yang menjadi perhatianku yaitu bagaimana cara member yang lainnya untuk memancing Onew keluar dari persembunyiaannya. Dengan ayam…, itu dah biasa. Akhirnya muncullah ayam semur jengkol plus pete. Hehehehe.

Dan yang paling membuatku stress, hampir tingkat akut yaitu yang versi Minho. Aku bingung menetukan alur ceritanya, bagaimana seorang Choin Minho bisa di ‘permainkan’. Selain itu, aku juga enggak ingin semua UFOz Village SHINee settingnya selalu di asrama SHINee, akhirnya aku berpikir ke Indonesia (aku kan cinta indonesia). Konfliknya apa? Masak polos-polos aja. Kembalilah aku bingung lagi, kembali stress. Beruntunglah kemaren nama Irfan Bachdim begitu populer. Akhirnya aku mengadu Key dan Minho yang sama-sama ngefan dengan orang Indonesia. (Ternyata Jihoon tukang ngadu…ckckckck).

Setelah Minho selesai… lengkaplah janjiku. Rasanya puas banget ketika menyelesaikan suatu pekerjaan yang bikin orang lain seneng. PUAS.

Itulah cerita di balik ‘layar’ pembuatan FF UFOz Village SHINee. Sekali lagi buat para reader GUMAWO. Semoga kita bisa jumpa lagi dengan UFOz Village dengan versi lainnya…

56 responses to “[Non FF] Di Balik “Layar” UFOz Village SHINee

  1. Reader baru….^_^v
    Numpang mengembara yah….
    kekeke…

  2. Lanjutin perjuanganmu author…. byk yg nunggu hasil karyamu selanjut nya…..
    fighting…!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s