[Non FF] Plagiator… Ke Laut Aja !!!

Belakangan ini banyak berita yang berkaitan dengan pagiat atau dengan kata kasarnya pencurian terhadap kreatifitas orang lain baik itu tulisan, lagu dan lain sebagainya. Dan orang/pelaku yang melakukan plagiat biasanya sering disebut sebagai plagiator. Menurut ku sih, manusia kayak gini tidak perlu untuk dibela atau dikasihani, buang aja ke laut. Sebagai K-Pop lover, aku juga gerah setiap kali mendengar tentang plagiator yang kembali berulah dan ulahnya itu bersinggungan dengan dunia K-Pop.

Kemaren, lebih tepatnya tadi malem, aku lihat berita tentang sebuah band Indonesia yang inisialnya J memiliki konsep video klip yang sama dengan FT. Island. Pertama kali lihat judulnya aku langsung penasaran, dan waktu aku lihat… ternyata benar-benar sama. Ya ampun… apa sebenarnya yang terjadi dengan musisi di negeri ini, batinku.

Tidak bisa kita pungkiri lagi, sudah banyak musisi Indonesia (yang mengaku sebagai musisi tentunya) telah melakukan perbuatan yang jauh dari kata bermoral tersebut. Kita lihat saja Boy Band dan Girl Band yang ada sekarang, bahkan ada nama BB dari mereka yang sama persis dengan nama BB Korea, meskipun mereka berdalih bahwa mereka memang terinspirasi dari Boy Band Korea. Oh migot, apakah mereka tidak bisa membedakan yang namanya “terinspirasi” dengan “Plagiarisme”, apakah mereka perlu masuk ke bangku sekolah lagi?

Beberapa hari kemaren “dunia twitter” (khususnya di Indonesia) digemparkan oleh pernyataan seseorang produser yang langsung main tuduh bahwa lagunya SUJU yang berjudul SUPERMAN telah memplagiat lagu dari artisnya. Kontan saja pernyataan si produser itu memancing amarah dari ELF Indonesia. Ujung-ujung nya si produser itu minta maaf karena telah gegabah dengan pernyataannya tersebut, namun “peperangan” di twitter telah terjadi dan hal itu juga tidak akan mudah untuk dilupakan. Memang sesuatu yang berhubungan dengan plagiarisme itu sangat sensitif, so kalo tidak ada bukti yang cukup jangan sampai lah mengeluarkan penyantaan yang menuduh seseorang telah melakukan plagiat.

Memang kita tidak dianjurkan untuk main tuduh tanpa bukti yang kuat. Kalo kita mau berpikir positif, bisa saja mereka membuat suatu karya yang sama secara kebetulan (meskipun hal itu sangat kecil sekali). Aku pernah baca pernyataan JYP yang dituduh telah menjiplak lagu orang lain, dia bilang bahwa dia telah mengecek lagu tersebut bersama tim RnDnya sebelum lagunya itu di sajikan ke tanah publik. Nah…, apakah para musisi (yang mengaku dirinya musisi) di Indonesia tidak pernah melakukan hal itu? Bukankah jaman sekarang sudah canggih.

Dan anehnya lagi, setiap musisi (tentunya yang ngaku2 sebagai musisi) yang bermasalah dengan plagiarisme di Indonesia kebanyakan selalu berlindung di belakang kata “Nasionalisme”. Contohnya saat si Produser yang menuduh SUJU plagiat, yang memancing kemarahan ELF Indonesia dan juga K-Pop lover, si produser menuduh bahwa mereka (ELF dan K-Pop lover) tidak memiliki rasa nasionalis karena lebih mendukung bangsa lain dibandingkan bangsanya sendiri. Ya ampun, ternyata mereka sangat pengecut sekali karena hanya berani berlindung di belakang kata “Nasionalisme.” Sepertinya orang seperti itu harus dimasukkan lagi ke banggku sekolahan, supaya lebih paham lagi tentang arti nasionalisme. Apakah perbuatan yang mereka lakukan (Plagiarisme atau menuduh orang sembarangan tanpa bukti) itu berjiwa nasionalisme? yang ada mereka menghancurkan bangsa sendiri dari dalam.

Kalo menurutku, seseorang plagiator itu ibaratnya penyakit kanker yang sangat berbahaya dan bisa membunuh karakter suatu bangsa dari dalam. So bagaimana menghadapi plagiator? Ibarat kangker, maka plagiator tersebut harus dimusnahkan (dibuang ke laut aja). Jangan sekali-kali kita membela seseorang yang telah melakukan plagiat meskipun dia adalah saudara kita sendiri atau pun saudara sebangsa dan setanah air. Jika kita memang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, mari kita berjuang untuk memerangi para plagiator.

Say No To PLAGIATOR…

PALGIATOR… PERGI JAU-JAUH… TEMPAT MU BUKAN DI INDONESIA… MENDINGAN KE LAUT AJA…

Note : Ini hanya pemikiran Jihoon, Maaf jika ada yang tersinggung…

Pic : http://bootlegs.soup.io/post/110046597/Plagiator

63 responses to “[Non FF] Plagiator… Ke Laut Aja !!!

  1. prookk proookk proookk..
    keren bgt !!!
    setuja sekali sma dirimu oppa..😀
    mreka pra plagiat n fans’y tu sllu blg Klo qt pra k-popers g cinta indonesia coz ngejelek2n mreka n lbih mmbela k-pop star..
    hahaha.. pda kga malu yee ngomong bgno..
    klo aq dripda ngedukung plagiat lbh baik bela2’n desek2n nnton TIMNAS INDONESIA dech.. tu jg wjud pmbuktian cinta indo kn ripda nnton plagiat g jelas..
    yg tenar scra instan,, ikut2n doang.. bsok2 jg udh bubar lg tuh.. *amin ya Allah* hehe😀

  2. pletak,,,pletok,,pletetek…*lempar bulu ketek
    emang aku seSUJU…apa yang terjadi dengan oppadeul suju ku oppa??
    kenapa dengan lagu supermanx??
    aku benci “S”,,karna dia bilang oppaku homo….
    scara oppaku kan tinggal di korea,,suka2 dia donk,,budaya juga budaya dia.
    udah nyimplak ngatain orang lage…

    gimana menurut mu jihoon oppa??
    apakah kamu seSUJU denganku (?).

    • Iya bener, setiap negara dan daerah memiliki budya yg berbeda2, bahkan perbendaan itu yerkadang trlhat ekstrim. Misal dikorea orang minum alkhol dah biasa, beda dg indo. Begitu jg dengan hubungan antar satu dengan yg lainnya. Kalo di.korea skinsip dah dianggap biasa, tpi blm tentu di tempat lain. Yah, kita harus menghargai budaya mereka jk mereka ingin menghargai bidaya kita

  3. Ne oppa,,,malahan aku tadi abis ubrak abrik c mbak yuktube..
    aku liat suju couple *jadul bgt c we…
    jngn kan peyuk2…iyum2 aja mereka terang2n jah *lohh kok ngomongx kek himawari c (?)
    tapi pasangan eunhae bikin aku cembuluk separoh idup…
    oppa FF sujux jangan lupa ea ^^…
    di tunggu…ntar hadiahx aku kasih poto absx shindong
    *plak ketularan yadong jihoon oppa

  4. Prok prok prok sesuju….
    Pidato yg bgus
    Basmi para plagiator
    Btw gimana caranya?

  5. annyeong oppa….. joneun Nana imnida 99line. bangapta!! aku pengunjung baru ke blog ini, bukan pengunjung baru juga sih tapi baru coment.
    aku setuju banget oppa, kalau menurut aku yang ga cinta Indonesia itu mereka deh. karna kalo mereka bela plagiator, mereka itu sama aja ngejelek-jelekin nama Indonesia di mata negara lain. terus kalo menurut aku, masih mending Soimah deh dari pada mereka. soimah suaranya bagus, terus cantik, dari pada PLAGIATOR-plagiator itu. cantik engga, suara ga mencukupi a.k.a lipsing. udah aja jadi penari latar, dari pada ngakunya boy/girlband tapi malu-maluin.
    aku coment nya kepanjangan ya? maaf kalo kepanjangan…
    salam kenal oppa…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s